Sepertinya semua memang membicarakan supermoon, tapi apa sih supermoon itu?

Setelah 68 Tahun, Fenomena Langka

Setelah 68 Tahun, Fenomena Langka “Supermoon” Akan Muncul Lagi Malam Ini!

Sudah siap menyaksikannya?

Jika kamu penggemar hal-hal terkait antariksa, beruntunglah kamu karena tinggal di Indonesia. Terutama di tahun 2016 ini, pasti kamu masih ingat gerhana matahari total di Bulan Maret lalu serta dua kali gerhana bulan penumbral. Ya, semuanya bisa dilihat di Indonesia. Sebagai gong di 2016, Indonesia juga merupakan lokasi ideal untuk melihat supermoon pada 14 November 2016!

Sepertinya semua memang membicarakan supermoon, tapi apa sih supermoon itu?

Supermoon adalah kondisi di mana bulan mencapai fase purnamanya dan terletak di titik terdekat dari bumi, disebut juga perigee. Disebut super karena kondisinya yang purnama sempurna sekaligus dengan jarak terdekat, sehingga nampak lebih besar dan lebih terang. Sementara purnama di titik terjauh dari bumi itu disebut apogee. Kejadian ini di Indonesia yang selanjutnya hanya akan terjadi lagi pada 25 November 2034, atau 18 tahun mendatang.

Supermoon pada tanggal 14 November 2016 ini akan jadi yang terdekat, terbesar dan paling terang sejak tahun 1948, 68 tahun lalu.

Seperti dilansir dari space.com, Bob Breman, salah satu astronom di Slooth Community Center mengatakan bahwa supermoon yang kali ini akan kelihatan 14 persen berukuran lebih besar dan 30 persen bercahaya lebih terang setelah 70 tahun terakhir.

Puncak supermoon bisa diamati dengan jelas karena bulan sudah berada di atas horizon. Kamu perlu bersyukur karena supermoon di Indonesia terjadi pada malam hari, karena kebanyakan negara lain mengalami puncak perigee dan purnama saat siang hari, yang artinya gak bisa terlihat dengan mata telanjang.

Baca Juga: Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Bakal Terjadi pada 14 November!

Seluruh Indonesia adalah lokasi yang ideal untuk menyaksikan supermoon 14 November 2016 ini, yang bisa dilihat mulai pukul 19:27 WIB.

Pertama-tama, puncak perigee (posisi bulan terdekat) akan terjadi lebih dulu pada pukul 19:27 WIB barulah disusul puncak purnama (bulan terlihat bulat sempurna) yang akan terjadi mulai pukul 20:52 WIB. Di saat itulah supermoon sudah terbit sempurna dan bisa dilihat dari seluruh bagian di Indonesia, tak terkecuali.

Supermoon memang akan terlihat lebih ideal di atas garis laut dari pantai, tapi kamu perlu hati-hati karena supermoon juga berarti ombak akan lebih tinggi.

Pasang air laut akan naik setinggi 5 cm dari biasanya. Perubahan pasang surut yang terjadi akan menyerupai pasang saat purnama. Penyebabnya adalah matahari, bumi dan bulan berada pada garis selaras sehingga tarikan gravitasinya akan lebih kuat. Hal tersebut akan menyebabkan ombak di bumi lebih tinggi.

Siap melihat supermoon malam ini? Kabarnya memang gak akan terlalu drastis berbeda dengan ukuran bulan seperti biasanya, tapi tetap bisa dirasa perbedaannya kalau kamu benar-benar memperhatikannya. Mungkin kamu bisa menikmati pemandangan supermoon yang langka ini bersama teman-temanmu sambil pesta barbeque.

Iklan

Tentang desyamsularifcom

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Islam Agamaku. Tandai permalink.