20 Orang Terkaya Di Indonesia

20 Orang Terkaya Di Indonesia

w3cmwrpfq49ke2phkrtw.jpg“Impian ada di tengah peluh, kerja keras tak akan mengkhianati”, setidaknya itulah ungkapan yang paling tepat untuk sederet nama berikut yang merupakan daftar orang terkaya di Indonesia lewat bisnisnya yang telah merajai wilayah Indonesia. Nama-nama di bawah ini merupakan cerminan dari sosok-sosok tangguh yang berhasil mewujudkan mimpi dengan membangun kerajaan bisnisnya dan telah mencapai kesuksesan. Siapa saja mereka?

1. Robert Budi Hartono – Djarum dan BCA

Robert Budi Hartono - Orang Terkaya Di Indonesia

Robert Budi Hartono via asianranking.com

 

Terlahir dengan nama asli Oei Hwie Tjhong, Robert Budi Hartono merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan besar Djarum, Oei Wie Gwan. Total kekayaan Robert yang dicapai pada tahun 2012 mencapai sekitar USD 9 miliar atau sekitar Rp 117 triliun (kurs USD 1 = Rp13.000) dan menjadikannya orang nomor 1 terkaya di Indonesia. Selain Djarum, Robert diketahui juga sebagai pemegang saham terbesar di BCA bersama Michael melalui Farindo Holding Ltd. dengan persentase saham sebesar 51%.

2. Michael Bambang Hartono – Djarum dan BCA

Michael Bambang Hartono - Orang Terkaya Di Indonesia

Michael Bambang Hartono – Orang Terkaya Di Indonesia via i.ytimg.com

 

Adalah kakak dari Robert Budi Hartono, yang juga mendominasi industri rokok kretek di Indonesia lewat produk Djarum. Kekayaan Michael dilaporkan pernah mencapai USD 8.7 miliar atau sekitar Rp113,1 triliun pada tahun 2011 dan menjadikannya orang terkaya di Indonesia bersama dengan Robert. Selain itu, kakak beradik Hartono ini memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektar yang ada di Kalimantan Barat sejak tahun 2008.

3. Sri Prakash Lohia – Indorama

Sri Prakash Lohia - Orang Terkaya Di Indonesia

Sri Prakash Lohia – Orang Terkaya Di Indonesia via ealuxe.com

 

Ia adalah seorang pendiri sekaligus ketua Indorama Corporation yang merupakan perusahaan petrokimia dan tekstil. Tahun 2006 Lohia mengakuisisi pabrik olefin yang berada di Nigeria dan diketahui merupakan perusahaan petrokimia terbesar di Afrika Barat. Tahun 2015 Lohia dilaporkan memiliki kekayaan bersih sekitar US 4.7 miliar atau sekitar Rp61,1 triliun.

4. Chairul Tanjung – CT Corps

Chairul Tanjung - Orang Terkaya Di Indonesia

Chairul Tanjung – Orang Terkaya Di Indonesia via rmol.co

 

Dilaporkan memiliki kekayaan sebesar USD 4.3 miliar atau sekitar Rp55,9 triliun pada tahun 2015. Ia adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang sempat menjabat sebagai Menko Perekonomian pada tahun 2014. Perusahaan konglomerasi milik Chairul Tanjung kini merupakan perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, Trans Corp, dan CT Global Resources.

5. Mochtar Riady – Lippo Group

Mochtar Riady - Orang Terkaya Di Indonesia

Mochtar Riady – Orang Terkaya Di Indonesia via uaoweb.hkbu.edu.hk

 

Mochtar Riady merupakan seorang pengusaha asal Indonesia, pendiri, sekaligus presiden komisaris perusahaan besar Lippo Group. Ia dikenal sebagai seorang praktisi perbankan yang cukup handal serta seorang konglomerat keturunan Tionghoa. Kekayaannya dilaporkan mencapai USD 2.6 miliar atau sekitar Rp33,8 triliun pada tahun 2015 dan menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

6. Peter Sondakh – Rajawali Group

Peter Sondackh

Peter Sondakh via statik.tempo.co

 

Peter Sondakh merupakan pendiri stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) yang kemudian beralih di bawah kuasa Hary Tanoesoedibjo. Bisnis Peter Sondakh tidak hanya bergerak di bidang pertelevisian namun juga merambah sektor pertambangan, hotel, perkebunan, juga transportasi. Dilaporkan pada tahun 2015 kekayaan Peter Sondakh mencapai USD 2.3 miliar atau sekitar Rp29,9 triliun.

7. Bachtiar Karim – Musim Mas

Bachtiar karim - Musim Mas

Bachtiar Karim – Musim Mas via mitrainvestor.co.id

 

Merupakan seorang pengusaha dan dikenal sebagai pimpinan Musim Mas Group yang bergerak di bisnis utama minyak sawit. Inovasinya antara lain adalah metode produksi dengan menggunakan mesin berenergi lebih rendah dan mengurangi resiko bocor. Perusahaan yang dibawahinya kini telah melakukan ekspor untuk hasil produksi sebesar 90%. Bachtiar Karim dilaporkan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 2 miliar atau sekitar Rp26 triliun pada tahun 2015.

8. Theodore Rachmat – Triputra Agro dan Kirana Megatara

Tedy Rachmt - Orang Terkaya Di Indonesia

Theodore Rachmat – Orang Terkaya Di Indonesia via b-i.forbesimg.com

 

Adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang awalnya dikenal dalam kiprahnya sebagai pemimpin Group Astra. Ia mendirikan perusahaan Triputra Group setelah lepas dari Astra. Perusahaan rintisannya bergerak di bidang karet olahan, batubara, manufaktur, dan agribisnis pada tahun 1998. Theodore Rachmat juga dikenal turut membesarkan PT Adaro Energy yang merupakan perusahaan tambang batubara yang ada di Kalimantan. Kekayaannya mencapai USD 1.9 miliar atau sekitar Rp24,7 triliun pada tahun 2015.

9. Ciputra – Ciputra Group

Ciputra - Orang Terkaya Di Indonesia

Ciputra – Orang Terkaya Di Indonesia via ciputrahanoi.com.vn

 

Dikenal sebagai seorang insinyur dan pengusaha di Indonesia. Ciputra juga sesosok laki-laki pengusaha di bidang properti yang dapat dikatakan sukses dengan lahirnya beberapa perusahaan besar seperti Ciputra Group, Jaya Group, dan Metropolitan Group. Ciputra juga dikenal sebagai seorang filantropis dan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra. Kekayaan yang dimiliki Ciputra dilaporkan mencapai USD 1.8 miliar atau sekitar Rp23,4 triliun pada tahun 2015.

10. Sukanto Tanoto – Raja Garuda Mas

Sukanto Tanoto - Orang Terkaya Di Indonesia

Sukanto Tanoto – Orang Terkaya Di Indonesia via orangterkayaindonesia.com

 

Sukanto Tanoto merupakan seorang pengusaha Indonesia yang menggerakkan bisnisnya di bidang industri pengolahan kayu. Sukanto merintis usaha nya di bidang kehutanan berawal dari posisinya sebagai pemasok peralatan dan kebutuhan bagu perusahaan minyak negara, Pertamina. Kekayaan bersih yang dimiliki Sukanto Tanoto mencapai USD 1.8 miliar atau Rp23,4 triliun pada tahun 2015.

11. Tahir – Mayapada Group

Tahir - Orang Terkaya Di Indonesia

Tahir – Orang Terkaya Di Indonesia via cdn4.scmp.com

 

Memiliki nama lengkap Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir. Beliau adalah seorang pengusaha di Indonesia, filantropis, investor, juga seorang pendiri Mayapada Group yang merupakan holding company dan memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Setelah kesuksesannya dalam mendirikan dan mengembangkan berbagai bisnis garment, perbankan, dan rumah sakit beliau kembali menunjukkan kekuatan bisnisnya dengan menciptakan bisnis properti di Bali dan Singapura. Kekayaan bersihnya mencapai USD 1.8 miliar atau sekitar Rp23,4 triliun pada tahun 2015.

12. Murdaya Poo – Central Cipta Murdaya

Murdaya - Orang Terkaya Di Indonesia

Murdaya – Orang Terkaya Di Indonesia via assets.tokohindonesia.com

 

Namanya dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di Indonesia. Central Cipta Murdaya merupakan induk seluruh perusahaan keluarga Poo yang bergerak di bidang kelistrikan, engineering, teknologi informasi, perdagangan, infrastruktur, agribisnis, manufaktur, properti, dan kehutanan. PT. CCM dikenal sebagai agen pemasaran produk-produk teknologi kelas dunia seperti IBM, HP, Hitachi, dan Fujitsu. Kekayaan bersih yang dimiliki oleh Murdaya mencapai USD 1.7 miliar atau sekitar Rp22,1 triliun pada tahun 2015.

13. Martua Sitorus – Wilmar International

Martua Sitorus - Orang Terkaya Di Indonesia

Martua Sitorus – Orang Terkaya Di Indonesia via tokohindonesia.com

 

Pengusaha Indonesia satu ini mendirikan perusahaan Wilmar International bersama Kuok Khoon Hong yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan minyak sawit mentah Bisnisnya tergolong berhasil hingga ia berhasil melebarkan sayap bisnisnya ke segala bidang dan membuat namanya semakin menonjol. Segala keberhasilannya dalam membangun bisnis dari nol telah mengantarkan Martua Sitorus menjadi orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai USD 1.7 miliar atau sekitar Rp22,1 triliun pada tahun 2015.

14. Purnomo Prawiro – Blue Bird

Purnomo Prawiro - Orang Terkaya Di Indonesia

Purnomo Prawiro – Orang Terkaya Di Indonesia via vnewsmedia.com

 

Dikenal sebagai seorang pengusaha transportasi yang cukup sukses di Indonesia. Dr. H. Purnomo Prawiro merupakan pemilik bisnis transportasi Bluebird yang didirikan oleh ibunya sejak awal tahun 1965. Bisnisnya kini berkembang di berbagai kota selain Jakarta dan telah melepas saham perdananya kepada publik serta berhasil meraup dana sebesar Rp 2.44 triliun. Melalui bisnis Blue Bird ini, Purnomo Prawiro dinobatkan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan yang mencapai USD 1.5 miliar atau sekitar Rp19,5 triliun pada tahun 2015.

15. Hary Tanoesoedibjo – MNC Group

Hary Tanoesoedibjo - Orang Terkaya Di Indonesia

Hary Tanaoesodibjo – Orang Terkaya Di Indoenesia via blogspot.com

 

Pemilik MNC Group ini selain sebagai seorang pengusaha juga dikenal sebagai tokoh politik asal Indonesia. Hary terjun dalam bisnis media penyiaran dan telekomunikasi sejak tahun 1989 dengan membangun Grup PT. Bhakti Investama Tbk. Selain menjabat sebagai Presdir PT. MNC dan PT. Rajawali Citra Televisi (RCTI), Hary juga menjabat Komisaris PT. Mobile-8 Telecom Tbk., Indovision, dan berbagai perusahaan yang berada di bawah naungan Global Mediacom dan Bhakti Investama. Kekayaan bersih yang dimilikinya mencapai USD 1.4 miliar atau sekitar Rp18,2 triliun pada tahun 2015.

16. Achmad Hamami – Trakindo Utama

Achmad Hamami - Orang Terkaya

Achmad Hamami – Orang Terkaya Di Indonesia via pudjilestari.files.wordpress.com

 

Beliau dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di bisnis alat berat. Kesuksesan bisnisnya dimulai dari tahun 1970 ketika mendirikan PT Trakindo Utama yang kemudian menjadi agen resmi Caterpillar. Trakindo menjadi pebisnis utama di bidang pengembangan infrastruktur nasional. Kekayaannya ditaksir mencapai USD 1.3 miliar atau sekitar Rp16,9 triliun pada tahun 2015.

17. Edwin Soeryadjaya – Investama Sedaya

Edwin - Orang Terkaya Di Indonesia

Edwin Soeryadjaya  – Orang Terkaya Di Indonesia via thejakartapost.com

 

Dikenal sebagai seorang pengusaha asal Indonesia yang juga merupakan anak dari pengusaha William Soeryadjaya (pendiri Astra Internasional). Edwin mendirikan Saratoga Capital yang merupakan perusahaan investasi terkemuka di Indonesia dengan konsentrasi pada bidang SDA dan infrastruktur. Kekayaan dari bisnis yang dijalani nya telah mencapai USD 1.2 miliar atau sekitar Rp15,6 triliun pada tahun 2015.

18. Husain Djojonegoro – ABC Group

Husain Djojonegoro - Orang Terkaya Di Indonesia

Husain Djojonegoro – ABC Group julianda123.blogspot.co.id

 

Ia adalah seorang pengusaha yang cukup terkenal lewat bisnis ABC Group yang memiliki lini bisnis mulai dari makanan, minuman, hinga baterai dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Selain ABC Group, Husain juga membawakan perusahaan Group Orang Tua. Lini bisnisnya dibesarkan dengan membuat beberapa produk lain dan memasuki wilayah industri toiletries. Kekayaannya mencapai USD 1.1 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun pada tahun 2015.

19. Djoko Susanto – Alfamart

Djoko Susanto - Orang Terkaya Di Indonesia

Djoko Susanto – Orang Terkaya Di Indonesia via i.forbesimg.com

 

Adalah sosok pengusaha asal Indonesia yang dikenal sebagai pemilik group Alfamart – bisnis ritel yang cukup sukses di Indonesia. Bisnis Alfamart yang dikembangkan saat ini berada di bawah pengelolaan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. yang membawahi lebih dari 5.500 toko seperti Alfa Express, Alfa Midi, dan Lawson. Bisnis ritel Alfamart ini telah berhasil mengantarkan Djoko Susanto sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih mencapai USD 1.1 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun pada tahun 2015.

20. Benny Subianto – Adaro Energy dan Triputra Agro

Benny Subianto - Orang Terkaya Di Indonesia

Benny Subianto – Orang Terkaya Di Indonesia via i.forbesimg.com

 

Benny Subianto merupakan seorang pengusaha batubara asal Indonesia yang sukses dalam membangun perusahaannya yakni Triputra Group dan Adaro Energy, juga perusahaan lain yang bergerak di bidang pengelolaan karet, Kirana Megatara. Keberhasilannya diwarnai oleh masa sulit tahun 1975 dan 1991 dimana harga minyak sempat turun dan terjadi kemelut Bank Summa yang memojokkan keluarga William Soeryadjaya untuk menyerahkan saham kepada pemegang saham baru. Terlepas dari segala masalah yang pernah menimpanya, sosok Benny berhasil bangkit dan membangun kembali bisnisnya dan kini ia berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia yang memiliki kekayaan bersih mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp13 triliun pada tahun 2015.

Baca Juga : 10 Cara Menghabiskan Uang Ala Miliarder Dunia

Kerja Keras Kunci Kesuksesan

Membangun sebuah bisnis hingga mencapai kesuksesan memang tidak mudah. Butuh kerja keras dengan tekad yang kuat untuk bisa meraih semuanya. Namun dua puluh orang di atas telah membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Bagaimana dengan Anda?

Iklan

Tentang desyamsularifcom

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Banten. Tandai permalink.