10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara

10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara

 

10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Beberapa negara berhasil memindahkan ibu kotanya. Akankah Indonesia mengikuti sejumlah negara tersebut ?. Foto : Ist
A+ A-
HINGGA kini wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta belum pudar. Pengkajian terus dilakukan dan kehati-hatian memindahkan ibu kota meski dilakukan pemerintah.

Sebenarnya pemindahan ibu kota bukan hal baru di dunia ini. Beberapa negara malah sudah melakukannya dan boleh dibilang berhasil dengan tumbuhnya perekonomian.

Berikut ini 10 negara yang sukses memindahan ibu kotanya.

1. Abidjan ke  Yamoussoukro (Pantai Gading)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Pada 1983,Yamossoukro ditetapkan menjadi ibu kota baru Pantai Gading menggantikan Abidjan. Pemindahan ini dilakukan di masa pemerintahan Presiden Felix Houphouet-Boigny yang ingin mendongkrak pembangunan di wilayah tengah negeri itu. Yamossoukro menjadi ibu kota keempat Pantai Gading dalam satu abad terakhir setelah Grand-Bassam (1893), Bingerville (1900), dan Abidjan (1933). Namun, sebagian besar kegiatan perekonomian, instansi pemeritahan, dan kantor-kantor kedutaan asing masih bertahan di Abidjan.

2. Winchester ke  London (Inggris)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Inggris memindahkan ibu kotanya dari Winchester ke London pada 1066. Kala itu proses pemindahannya berjalan mulus dan tidak menimbulkan gejolak sosial. Sebab London sendiri sudah memiliki populasi cukup besar. Kini London menjadi salah satu ibu kota yang memiliki tingkat kemajuan cukup pesat.

3. Melbourne ke  Canberra (Australia)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Melbourne merupakan ibu kota pertama sejak berdirinya negara Australia. Namun pada 1911 pemerintahnya melakukan sayembara internasional karena ingin memilih ibu kota baru. Syaratnya, kota tersebut harus memiliki taman kota dengan dana besar di pusat kotanya. Hanya Canberra yang memenuhi syarat tersebut. Alhasil pada 1927 ibu kota Australia berpindah dari Melbourne ke Canberra.

4. Delhi ke New Delhi (India)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
India resmi memindahkan ibu kotanya dari Delhi ke New Delhi pada 1911. Proses pemindahan terbilang sangat mudah, sebab kedua kota tersebut masih satu wilayah. Masyarakat New Delhi juga langsung terbiasa dengan perpindahan itu.

5. St Petersburg ke Moskow (Rusia)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Negara yang saat ini masih dipimpin Presiden Vladimir Putin ini, sempat bolak-balik memindahkan ibu kota negara. Awalnya Kota Moskow adalah ibu kota Kerajaan Rusia sejak abad ke-14 hingga tahun 1712. Lalu kebijakan pimpinan Rusia saat itu membuat Ibu Kota Rusia berpindah ke St.Petersburg karena dinilai memiliki akses lebih dekat ke Eropa. Namun, pada 1918, Ibu Kota Rusia kembali dipindahkan ke Moskow.

6. Rio de Janeiro ke Brasilia (Brasil)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Pada 21 April 1960, pemerintah Brasil meresmikan sebuah kota baru yang dinamakan Brasilia untuk menjadi pusat pemerintahan negeri itu menggantikan Rio de Janeiro. Kini Brasilia menjadi tempat institusi pemerintah federal termasuk kongres, presiden, dan Mahkamah Agung. Brasilia menjadi tempat untuk 124 kantor kedutaan besar negara-negara sahabat Brasil. Brasilia saat ini juga menjadi kota terpadat keempat di Brasil dan sudah ditetapkan menjadi situs warisan dunia UNESCO karena arsitekturnya unik.

7. Lagos ke Abuja (Nigeria)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Pada 1980-an, pemerintah Nigeria membangun kota Abuja yang dirancang untuk menggantikan Lagos sebagai ibu kota negeri itu. Hampir semua instansi pemerintah seperti kompleks kepresidenan, gedung parlemen, Mahkamah Agung, serta sebagian besar kota, berada di sisi selatan negara terpadat di Afrika ini. Sebagai sebuah ibu kota baru, Abuja juga dibanjiri arus urbanisasi yang mendongkrak jumlah penduduknya. Abuja resmi menjadi ibu kota Nigeria menggantikan Lagos pada 12 Desember 1991.

8. Yangoon ke Naypyidaw (Myanmar)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Kota yang terletak 320 kilometer sebelah utara Yangoon ini resmi menjadi ibu kota administratif Myanmar pada 6 November 2005. Nama Naypyidaw secara resmi diumumkan pada 27 Maret 2006, tepat di hari ulang tahun angkatan bersenjata Myanmar. Sejak pengumuman itulah pemerintah Myanmar secara resmi memindahkan ibu kotanya ke Naypyidaw. Harian The Guardian menyebut kota ini sebagai proyek mercusuar pemimpin junta militer Than Shwe. Letak Naypyidaw relatif berada di tengah-tengah Myanmar sehingga menjangkau wilayah lain.

9. Almaty ke Astana (Kazakhstan)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Sejak masih berada di bawah kendali Uni Soviet hingga merdeka pada 1992, Almaty selalu menjadi ibu kota Kazakhstan. Namun, pada 1997 pemerintah negeri itu memindahkan ibu kota ke Astana, sebuah kota modern baru di sebelah utara Almaty. Pemindahan dilakukan lantaran Almaty dianggap terlalu sempit, rawan gempa, serta berlokasi terlalu dekat dengan perbatasan negara lain.

10. Karachi ke Islamabad (Pakistan)
10 Negara Sukses Memindahkan Ibu Kota Negara
Pada 1959, pemerintah Pakistan memutuskan memindahkan ibu kotanya dari Karachi di wilayah selatan ke Islamabad di sisi utara negeri itu. Islamabad baru mulai dibangun pada 1961. Sesuai master plan, kota ini terbagi atas delapan zona yaitu administrasi, diplomatik, permukiman, pendidikan, industri, perdagangan, serta daerah pedesaan dan ruang terbuka hijau. Islamabad menjadi kota paling mahal di Pakistan dengan penduduk sebagian besar berstatus ekonomi warga menengah ke atas. Islamabad juga merupakan kota teraman di Pakistan dengan sistem pengawasan yang mengandalkan 1.900 kamera CCTV di berbagai penjuru kota.

Iklan

Tentang desyamsularifcom

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Banten. Tandai permalink.