10 Lagu Malaysia Paling Memorable Buat Generasi ’90-an

10 Lagu Malaysia Paling Memorable Buat Generasi ’90-an

By Iruna Ireuna

Sebelum serial Upin Ipin dan Boboiboy mengekspansi Indonesia, musisi-musisi Malaysia pernah mendapat tempat yang spesial di telinga para penikmat musik Tanah Air. Selain cukup enak didengar, lirik-lirik yang terkandung enggak jarang bikit hati tersayat-sayat. Pokoknya, banyak pelajaran berharga dari tiap-tiap bait liriknya deh. Kalo termasuk generasi ’90-an, Viki yakin lo langsung ikutan nyanyi tiap kali dengar sepuluh lagu ini diputar. Simak dulu deh biar enggak penasaran.

10. “Adakah Kau Setia” – Stings

Dari judulnya aja, lo pasti tau kalo lagu ini menceritakan seorang cowok yang mempertanyakan kesetiaan ceweknya saat LDR-an. LDR tuh memang bikin gemez. Di satu sisi enggak bisa lepas, maunya bareng-bareng terus, tapi di sisi lain selalu aja curiga, doi lagi ngapain di sana. Mungkin karena bahas tentang perasaan para penggiat LDR di luar sana, makanya lagu ini jadi populer di era ‘90-an.

 

9.“Di Sini Menunggu” – UKS

Masih tentang LDR, band UKS (bukan Unit Kesehatan Sekolah yang pasti) punya lagu yang juga sempat populer di tahun ‘90-an. Kalo yag tadi cowoknya curigaan, yang ini cowoknya salut banget sama ceweknya. Gimana enggak, ceweknya tabah banget nungguin cowoknya balik sampai si cowok jadi enggak tega. Liriknya pasti masih mengena di hati lo sampai sekarang. Lagu ini pas banget buat yang lagi LDR-an biar tegar dan saling percaya. Akan tetapi, kenapa melodinya sedih ya?

 

8.“Buih Jadi Permadani” – Exist

Band ini adalah favorit sebagian besar generasi ’90-an. Lagu ini bercerita tentang cowok yang ditolak karena nembak cewek cantik. Melalui lagu ini, Exist mau nyampaiin ke kita untuk berkaca diri karena pede yang berlebihan bisa bikin lo sakit hati kayak cerita dalam lagu tersebut.

 

7. “Fantasia Bulan Madu” – Search

Wah, lagu ini, sih, sampai sekarang juga masih sering didendangkan sama penyanyi macem Soimah di acara televisi. Lo juga pasti pernah denger Sule nyanyiin sekilas di beberapa acara. Ini lagu tahun 90-an milik band Search yang vokalisnya namanya Amy dan suaranya kece badai! Kayaknya sampai sekarang masih susah deh nemuin yang suaranya bisa kayak doi. Makanya lagu ini bisa populer baget di sini. Lihat aja di video ini, mic-nya sampai doi pegang di depan perut saking tingginya range vokal doi.

 

6. “Puncak Kasih” – Ziana Zain

Ternyata bukan cuma band Malaysia yang sempet populer di Indonesia tahun 90-an. Penyanyi solo perempuannya juga. Ziana Zein salah satunya. Doi bahkan udah terkenal sampai ke seluruh Asia dan sempet jadi bintang tamu di acara Asia Bagus (anak 90-an juga pasti tau acara ini). Salah satu lagunya adalah Puncak Kasih. Lagu ini mengajarkan kita tentang kesetiaan dalam pernikahan. Katanya, kalo kesetiaan udah enggak ada, kehidupan pernikahan juga pasti gak akan bahagia. Bahkan doi juga mempertanyakan kehebatan cinta dalam lagu ini. Duh, berat juga, ya. Mungkin karena inilah lagu ini bisa populer.

 

5. “Gerimis Mengundang” – Slam

 

Apa sih yang paling diingat generasi ‘90-an kalo lagi gerimis? Salah satunya pasti adalah lagu dari Slam yang berjudul “Gerimis Mengundang” ini. Dari tiap-tiap liriknya, kita tau kalo lagu ini menceritakan cowok yang ditinggalin ceweknya. Wah, pantas aja dulu populer. Soalnya, pasti banyak banget yang kena sama pengalaman di lagu ini.

 

4. “Aku Cinta Padamu” – Siti Nurhaliza

Tante Siti, nih, sampai sekarang bahkan masih terkenal di Indonesia. Dari belum pakai hijab sampai sekarang udah pakai hijab, Tante Siti juga masih tetap cantik! Lagu ini salah satu lagu bahagia di antara lagu-lagu Malaysia sendu yang terkenal di Indonesia. Nih, lihat liriknya. Tante Siti in benar-benar panutan buat jomblo dan penggiat LDR di sini. Kenapa? Karena dia aja mau menunggu walaupun seribu tahun lagi, masa lo enggak?

 

3. “Suci dalam Debu” – Iklim

Sama kaya “Fantasia Bulan Madu”, lagu ini juga sering banget dinyanyiin sama Sule dan Soimah (kayaknya memang cuma mereka yang masih nyanyiin lagu-lagu ini). Lirik yang puitis serta alunan nada yang sederhana bikin lagu ini jadi populer. Lagu ini bercerita tentang cinta yang bukan cuma dalam kata-kata, tapi juga perbuatan. Ibaratnya, susah-senang kita bersama.

 

2. “Mencari Alasan” – Exist

Manis di bibir, memutar kata

Malah kau tuduh akulah segala penyebabnya

 

Kalo kalian langsung ikutan nyanyi, berarti kalian adalah generasi ‘90-an yang sebenarnya. Enggak ada generasi ‘90-an yang enggak tahu lagu ini. Lagu ini bercerita tentang cowok yang sering dibohongin ceweknya, terus minta putus. Pas putus, cowoknya malah lebih tenang dan merasa lebih baik putus daripada terus bersama, tapi gak bahagia. Betapa berharganya pelajaran yang bisa kita ambil dari lagu ini. Makanya lagu ini terus diingat sampai sekarang.

 

1. “Isabella” – Search

Status lo sebagai generasi 90-an akan sempurna kalo lo udah tahu semua 9 lagu di atas, termasuk lagu ini. Siapa yang enggak kenal Isabella? Ini bukan nama tokoh di telenovela, tapi nama cewek yang merupakan lambang cinta yang lara. Isabella enggak bisa bersatu sama cintanya karena adat yang berbeda. Ternyata Isabella ini bule, tapi cowoknya orang Malaysia. Akhirnya, si Isabella gak sanggup mempertahankan cinta mereka dan memilih lelaki lain. Sedih, ya.

***

Itu tadi 10 lagu Malaysia yang pasti udah akrab banget di telinga para generasi ’90-an. Kalo lo merasa asing sama lagu-lagu tersebut, ada baiknya lo resapi tiap bait lirik di dalamnya. Dijamin adem hati lo.

Tentang desyamsularifcom

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Banten. Tandai permalink.