5 Fakta Asal-usul Valak yang Bikin Lo Mimpi Buruk

fakta valak
Cinema

5 Fakta Asal-usul Valak yang Bikin Lo Mimpi Buruk

By Nural / 05 September 2018

Sejak kehadirannya di The Conjuring 2 (2016), Valak jadi setan yang memorable dan ikonis. Iblis berwujud biarawati ini bisa dibilang jadi momok terbesar di The Conjuring Universe. Bagaimana enggak? sosoknya selalu ngagetin dan tampilan yang nyeremin abis. Namun, tahukah lo asal-usul dibikinnya karakter Valak?

Harus diakui, Valak jadi iblis terkuat dalam semesta garapan James Wan. Saking kuat dan ikonis, sosok seram ini dibikinin film solonya berjudul The Nun (2018). Nah, selagi filmnya tayang, mending lo kepoin fakta di bawah ini. Biar lo making ngerti asalnya lewat fakta asal-usul Valak ini.

Enggak perlu lama-lama, berikut lima fakta Valak yang bisa bikin lo mimpi buruk dan kebayang-bayang wujudnya. Yuk, simak!

1. Valak dalam Demonologi

Secara demonologi, Valak adalah Pemimpin Agung Neraka. Dia adalah komandan dari 30 legiun iblis. Kalau dilihat dari jabatannya, tampaknya dia masih punya tugas berat di neraka di bandingkan dengan mengganggu Ed dan Lorraine Warren.

Sedangkan secara fisik, sebenarnya Valak adalah sosok anak kecil dengan sayap malaikat yang menunggangi naga berkepala dua. Penggambaran yang jauh dari sosok biarawati yang kita kenal di The Conjuring 2 (2016).

2. Kekuatan Valak di film The Conjuring 2 (2016)

Sebenarnya, kekuatan Valak di semesta The Conjuring agak kabur. Soalnya, kekuatannya hanya ditampilkan dalam bentuk energi negatif. Namun, dia selalu tampil kuat ketika mengendalikan roh manusia.

Sebagai iblis, dia juga punya kekuatan untuk menemukan “harta karun” alias dia bisa ngasih lo kekayaan. Dia juga bisa melindungi lo kalau lo mau turutin permintaannya. Namun, jangan main-main, kalau lo udah terlibat perjanjian dengannya, lo enggak boleh batalin. Soalnya dia bakal mengerahkan pasukan 30 legiun dari neraka.

3. Valak Enggak Ada Hubungannya dengan Amityville

Valak sama sekali enggak ada hubungannya dengan Amityville. Pertama kali, Valak muncul di awal film pas di ruang bawah tanah Amityville. Lorraine Warren menemukan Valak ketika menjelajahi rumah. Bebannya makin bertambah saat Valak muncul dan Lorraine punya firasat padanya di masa depan.

Valak berwujud biarawati. Nyatanya, tokoh Valak sebenarnya terinspirasi kisah nyata dari sosok makhluk halus yang pernah menghantui paranormal Lorraine Warren. Demi menakut-nakuti penonton, Wan memilih nama Valak sejak awal.

Baca juga 15 Fakta The Conjuring Universe yang Bikin Lo Kalang Kabut

4. Nama “Nun” Jadi Bagian Terbaik The Conjuring 2 (2016)

Nama setan “Nun” adalah misteri terbaik dari The Conjuring Universe. Dia juga jadi villain puncaknya film kedua. Adegan Lorraine menyebut nama Valak jadi adegan terbaik karena dengan menyebut namanya, dia bisa menghalau Valak kembali ke neraka.

Sejak awal, namanya dirahasiakan. Namun kalau lo jeli, lo bisa menemukan namanya sejak awal film. Banyak easter egg untuk mengungkap nama Valak. Lo bisa lihat pas keluarga paranormal tersebut tengah sarapan. Di belakangnya terdapat huruf yang membentuk kata Valak dan masih banyak easter egg lainnya.

5. Datang di Detik-detik Terakhir

Pertanyaannya, kenapa Valak berwujud biarawati? Itu adalah hasil kreasi James Wan. Pas bikin skrip The Conjuring 2 (2016), Wan belum menemukan inspirasi wujud Valak. Pokoknya, dia pengen bikin Valak ini sebagai hantu yang ngasih pertanda dari kasus di Enfield. Alias, sebagai tanda film sekuelnya. Akhirnya, sosok Valak muncul saat berbincang dengan Lorraine asli.

Karena ide tersebut muncul di detik terakhir, maka ada beberapa adegan yang harus syuting ulang. Hal itu memang sengaja dilakukan Wan. Selagi Wan mencari inspirasi sosok villain tersebut, dia enggak mau menghabiskan waktu. Wan menyelesaikan bagian lainnya.

Kepoin juga 5 Film Horor Bertema Biarawati yang Bikin Susah Tidur

***

Lo bisa buktikan keseraman iblis jahat di film The Nun (2018) yang dikabarkan bakal menceritakan kehidupan dan kematiannya yang misterius. Disaranin, sih, mending lo jangan nonton sendirian. Aksi Valak di The Conjuring 2 (2016) aja udah bikin lo kalang kabut, bagaimana di film solonya yang notabene jadi panggung tunggalnya?

Tentang desyamsularifcom

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Banten. Tandai permalink.