5 Film Korea yang Paling Jago Bikin Banjir Air Mata

Cinema

5 Film Korea yang Paling Jago Bikin Banjir Air Mata

By Liza Novirdayani / 20 February 2018

Apa, sih, yang lo cari dari aktivitas nonton film? Tentunya, cerita yang menarik dan visualisasi yang memikat jadi paduan tersendiri yang menghibur dan bikin kita lupa sejenak dengan realita. Begitu pun dalam film drama yang mengundang haru lewat alur kisah dan pengadeganan yang sentimental.

Ngomongin film drama, bisa dibilang, film-film Korea adalah jawaranya dalam hal menyayat hati. Yap, enggak sedikit film Korea yang mengangkat kisah-kisah menyedihkan dan menyentuh. Setiap adegannya bisa banget bikin mata penontonnya berkaca-kaca.

Nah, dari sekian banyak film Korea, lima film di bawah ini adalah yang paling jago bikin lo banjir air mata. Segera aja tengok deretannya dan jangan lupa siapin tisu yang banyak!

1. A Moment to Remember (2004)

Film romantis ini mengisahkan perjalanan cinta Choi Cheol-su (Jung Woo-sung) dan Kim Su-jin (Son Ye-jin). Awalnya, mereka berkenalan secara enggak sengaja di sebuah minimarket. Cinta pun bersemi hingga akhirnya mereka menikah dan menjalani hari-hari yang bahagia.

Film ini enggak bakal masuk daftar kalau kisah mereka berakhir bahagia begitu aja. Yap, kebahagiaan mereka harus berhenti karena Su-jin didiagnosis menderita suatu penyakit yang membuatnya lupa satu per satu kenangan bersama Cheol-su. Kira-kira, apa yang bakal lo lakuin kalau lo ada di posisi Cheol-su yang harus berusaha ikhlas menerima penyakit istrinya? Tentunya, sebelum nemuin jawabannya, lo bakal terlebih dulu menghabiskan sekotak tisu di rumah dalam sekejap.

2. Wedding Dress (2010)

Tema mengenai hubungan orangtua dan anak selalu bisa jadi formula andalan buat bikin penonton hanyut dalam cerita. Wedding Dress pun mengemasnya dengan apik sehingga enggak nyajiin cerita yang mengharukan, tapi juga bikin lo hanyut dalam air mata. Film ini nampilin kisah Seo Go-eun (Song Yoon-ah) yang jadi orangtua tunggal bersama anak ceweknya, Jang So-ra (Kim Hyang-gi).

Go-eun bekerja sebagai desainer gaun pengantin yang cukup diperhitungkan oleh kliennya. Walaupun sang anak terkesan judes pada ibunya, kehidupan mereka berdua cukup bahagia sampai akhirnya dokter memvonis Go-eun menderita penyakit kanker. Mengetahui hal tersebut, Go-eun berniat membuatkan sebuah gaun pengantin yang sangat cantik untuk So-ra kelak sambil menutup-nutupi kenyataan menyakitkan tersebut pada sang anak. Berbagai kisah haru antara ibu dan anak tergambar jelas dalam film Korea yang satu ini.

3. Harmony (2010)

Film Harmony berlatar tempat di sebuah penjara wanita Korea. Kehidupan di penjara yang begitu keras harus dialami para wanita di dalamnya. Dengan latar belakang kriminal yang berbeda, mereka dikumpulkan dalam satu sel. Di antaranya adalah Kang Yu-mi (Kang Ye-won) yang membunuh sang ayah tiri yang hendak memerkosanya serta Hong Jeong-hye (Yunjin Kim) yang tengah hamil tua dan harus dipenjara akibat membunuh suaminya karena enggak tahan disiksa berulang kali.

Banyak kisah sedih yang muncul dalam film ini, misalnya Jeong-hye yang harus dipisahkan dari anaknya karena aturan yang melarang dia membesarkan anak di dalam penjara. Namun, sebagai penyeimbang, ada pula kisah-kisah lucu dan bahagia yang bakal bikin lo terbawa cerita. Yang jelas, emosi lo bakal dikocok-kocok dari awal hingga akhir film.

4. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Enggak cuma kisah antara ibu dan anak yang mengundang haru. Film tentang hubungan ayah dan anak yang satu ini juga bisa bikin lo enggak pelit ngeluarin air mata. Miracle in Cell No. 7 berkisah mengenai Lee Yong-goo (Ryu Seung-ryong), seorang ayah dengan keterbelakangan mental namun sangat mencintai anaknya yang bernama Ye-Seung (kecil: Kal So-won dan dewasa: Park Shin-hye). Meski kehidupan mereka penuh kekurangan, Yong-goo dan Ye-seung sangat bahagia karena selalu bisa bersama-sama.

Suatu ketika, sang ayah dituduh melakukan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur. Yong-goo pun harus menerima hukuman penjara yang enggak seharusnya. Dia dikirim ke sel penjara nomor 7 yang terkenal sangat keras. Namun, Yong-goo enggak peduli soal itu. Dia hanya mau satu hal: bertemu kembali dengan anaknya.

5. My Annoying Brother (2016)

Film My Annoying Brother atau juga dikenal dengan judul Hyung ini mengisahkan persaudaraan antara kakak dan adik berbeda karakter yang udah lama berpisah. Doo-sik (Jo Jung-suk) adalah seorang tahanan yang mendapat pembebasan bersyarat. Sedangkan, adiknya, Doo-young (Do Kyung-Soo/D.O. “EXO”) tinggal sendiri sejak kecil dan berkarier sebagai atlet judo.

Kecelakaan dalam pertandingan membuat Doo-young mengalami kebutaan. Dia pun terpuruk dan semakin tertekan karena dia ngerasa enggak bisa apa-apa. Sang kakak justru manfaatin kebutaan adiknya dalam menjalani kegiatan kriminal. Waktu berlalu, Doo-sik divonis terkena kanker pankreas dan hidupnya enggak lebih dari tiga bulan lagi. Benar-benar syok dan terkejut, Doo-sik pun berubah dan bertekad mengembalikan adiknya menjadi seorang penjudo yang hebat.

Mengangkat tema drama keluarga dengan unsur komedi, film ini menjadi salah satu film Box Office Korea di akhir tahun yang berhasil ngeraih respons positif. Selain Jung-suk dan D.O., My Annoying Brother juga dibintangi oleh Park Shin-hye yang berperan sebagai Lee Soo-hyun, pelatih bela diri Doo-young.

***

Di antara sekian banyaknya film Korea yang menguras air mata, lima judul yang udah disebutin adalah yang paling jago bikin lo sesenggukan tanpa henti. Kalau lo lupa bagaimana caranya nangis, cobain aja nonton film-film di atas. Bohong, deh, kalau air mata lo enggak berlinang.

Tentang desyamsularifcom

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Banten. Tandai permalink.