5 Film Vino G. Bastian yang Perankan Sosok Nyata

film vino g bastian
Cinema

5 Film Vino G. Bastian yang Perankan Sosok Nyata

By Nural / 05 September 2018

Vino Giovani Bastian jadi aktor yang jadi perbincangan saat ini. Apalagi, film terbarunya Wiro Sableng (2018) yang tengah mengangkat namanya. Bagaimana enggak? Dirinya terbilang jadi rebutan para sineas karena prestasi yang diraihnya tahun ini sebagai “Pemeran Pria Utama Terbaik”. Kalau ditilik lagi, sebelumnya Vino G. Bastian juga sering meraih predikat tersebut. Apalagi kalau bukan perannya sebagai sosok nyata.

Harus diakui, film Vino G. Bastian enggak sedikit. Begitu juga dengan penghargaan yang diraihnya. Makanya, enggak heran kalau para sineas kerap ngasih Vino tantangan untuk memerankan sosok nyata alias karakter yang diadaptasi dari kisah nyata. Apalagi, beberapa di antaranya merupakan sosok ikonis.

Penasaran bagaimana penampilannya? Berikut lima karakter Vino G. Bastian yang diangkat dari sosok nyata.

1. Mika (Mika, 2013)

Film yang berdasarkan novel kisah nyata selalu ngasih inspirasi dan motivasi tersendiri bagi pembaca. Salah satunya, film Mika (2013) yang diadaptasi dari novel laris berjudul Waktu Aku Sama Mika (2013) karangan Indi. Vino G. Bastian memerankan sosok nyata bernama Mika, seorang cowok yang terkena HIV/AIDS yang mencintai cewek penderita skoliosis.

Lo bakal lihat kesedehanaan Vino di balik wajah bandelnya. Sebuah drama cerita yang menampilkan dilema romantisme antara pasangan kekasih yang masing-masing memilki penyakit cukup kronis ini bikin lo tersentuh dengan akting Vino sebagai Mika. Sosok Vino sebagai cowok badboy bikin lo salfok.

2. Djamin Ginting (3 Nafas Likas, 2014)

Vino juga dipercaya untuk membintangi film biopik yang digarap oleh sutradara Rako Prijanto. Berjudul 3 Nafas Likas (2014), film ini tentang riwayat hidup Likas Tarigan, istri dari mendiang Letjen (Purnawirawan) Djamin Gintings. Dia dikenal sebagai salah satu tokoh pejuang dan pejabat militer terkenal asal tanah Karo, Sumatra Utara. Vino yang dipercaya memerankan pejuang Batak tersebut.

Meskipun jalan ceritanya enggak ada yang istimewa, Vino bisa memerankan tokoh pejuang dengan total. Sayangnya, sosoknya enggak tergali lebih dalam. Namun berkat perannya tersebut, namanya masuk dalam jajaran nominator kategori “Pemeran Utama Pria Terbaik” di FFI 2014.

3. Chrisye (Chrisye, 2017)

Vino kembali digaet dalam film biopik. Kali ini, dia harus memerankan sosok legenda musik Indonesia, Chrisye. Menceritakan kisah hidup termasuk lika-liku Chrisye hingga menjadi tokoh musik Indonesia. Vino pun dipilih untuk memerankan kisah hidup pribadi sang legenda yang bernama Chrismansyah Rahadi tersebut.

Harus diakui, film Chrisye (2017) ini enggak memiliki fokus yang ngena di hati penonton karena saking banyaknya kisah yang diceritakan. Tampilan fisik Vino pun dibikin persis dengan Chrisye, begitu juga dengan cara bicaranya. Meskipun, filmnya kurang disambut baik, totalitas Vino sebagai Chrisye bisa bikin dirinya bawa pulang piala Indonesian Movie Actors Awards 2018 sebagai “Pemeran Pria Utama Terfavorit”.

 

4. Ronggur (Toba Dreams, 2015)

Karakter yang diperankan Vino di film Toba Dreams (2015) cukup mencuri perhatian. Film ini diangkat dari novel yang ditulis oleh Letjen TNI (Purnawirawan) T.B. Silalahi, mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara 1993—1998. Setelah itu juga dia menjadi anggota penasihat dan dewan pertimbangan Presiden. Film ini tentang perjuangan hidup seorang

Vino berperan sebagai Ronggur, seorang anak dari pejuang yang terjerumus di dunia kekerasan ibukota demi penghidupan lebih layak. Memang, kisah yang diangkat enggak semuanya nyata, hanya beberapa kisah yang diambil dari kisah nyata T.B. Silalahi. Karena perannya yang total, bikin Vino dapat piala di Festival Film Bandung 2015 dan Indonesian Movie Awards 2015.

5. Kasino (Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!, 2016 & 2017)

Memerankan sosok komedian Indonesia bukanlah hal mudah. Seperti Vino G. Bastian yang mendapat kepercayaan untuk memerankan Kasino, pelawak Warkop DKI. Bisa dibilang, film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dan 2 (2016, 2017) jadi tantangan bagi Vino karena enggak mudah memerankan sosok komedian ikonis. Apalagi, fisik dan bahasa tubuhnya harus benar-benar mirip.

Hebatnya, Vino bisa memerankan sosok Kasino dengan apik, meski sebagian orang menganggapnya enggak mirip. Kiprahnya di film tersebut pun membuahkan hasil. Dua tahun berturut-turut, dirinya mendapat apresiasi dengan menjadi nominator dalam Festival Film Indonesia 2016 dan Indonesian Choice Awards 2018.

 

Kiprah Vino dalam memerankan sosok nyata bukanlah hal yang mudah. Mengingat, persamaan yang dilakukan pasti enggak sama secara sempurna. Namun, kemampuannya dalam memerankan sosok nyata bikin dirinya jadi aktor yang enggak bisa diremehkan.

Tentang desyamsularifcom

Tuhanku, tenggelamkan aku dalam cinta-Mu Hingga tak ada satupun yang mengganguku dalam jumpa-Mu
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Banten. Tandai permalink.